Jumat, 29 Juni 2012

Belajar mengatur menu keluarga

Makan merupakan salah satu kebutuhan dasar dan pokok bagi semua makhluk hidup. Manusia memiliki begitu banyak pilihan makanan untuk dimakan sehari-hari.

Mengatur menu makan keluarga menjadi hal yang sangat penting guna membiasakan mengkonsumsi menu makanan sehat. Menu makanan sehat dapat menjadi kunci dan dasar dari kesehatan seseorang secara keseluruhan.

Kesehatan anda adalah apa yang anda makan, memilih menu makanan sehat serta perilaku hidup sehat akan menentukan kondisi kesehatan kita dalam jangka panjang.

Menu dan pola makan paling mudah dibentuk dan diatur pada level keluarga, membiasakan keluarga mengkonsumsi makanan sehat dengan pola makan yang benar dapat menjadi awal membiasakan anak-anak dan anggota keluarga lain agar memilih menu makanan sehat meskipun makan di luar rumah.

Memilih menu makan keluarga seringkali menjadi tanggung jawab ibu, sehingga seorang ibu wajib memiliki pengetahuan dalam memilih menu makan untuk konsumsi keluarga sehari-hari.

Jika ibu tidak memiliki waktu atau ketrampilan memasak yang cukup, maka sang ibu tidak perlu memaksakan diri untuk memasak. Membeli makanan atau memilih menggaji pembantu yang dapat memasak dapat menjadi pilihan termudah.

Namun, ibu tetap harus memegang komando yang menentukan menu makan keluarga untuk konsumsi sehari-hari.
Adapun beberapa pilihan menu makan keluarga yang dapat dijadikan pilihan reguler adalah dengan memperhatikan keseimbangan kandungan nutrisi dari bahan makanan yang menjadi pilihan menu.

Makanan sumber tenaga utama atau karbohidrat yang paling lazim di Indonesia adalah nasi. Untuk memberi variasi dan mencegah kebosanan menu, ibu dapat memberikan variasi seperti menyajikan kentang, ubi, singkong atau roti sebagai varian menu makanan untuk beberapa hari dalam satu minggu.

Menu makanan wajib selanjutnya adalah lauk, kebanyakan lauk merupakan sumber protein dan vitamin. Sebagai sumber protein sebagai zat pembangun dalam metabolisme tubuh, ibu dapat memilih ikan, telur, daging, tempe atau kacang-kacangan lain secara seimbang untuk mendapatkan sumber protein hewani dan nabati.

Vitamin juga merupakan unsur penting dalam metabolisme tubuh secara keseluruhan, sayuran dan buah merupakan bagian wajib lain dari menu sehat sehari-hari.

Sedangkan sebagai bagian dari variasi menu makan keluarga, melakukan rotasi menu dari sumber karbohidrat, protein dan vitamin dapat menjadi pilihan guna menghindari kejenuhan menu serta memaksimalkan variasi menu makanan dan sumber nutrisi bagi keluarga.

Menu laternatif seperti roti dengan selai kacang dapat menjadi pilihan untuk sarapan; selain praktis, roti yang terbuat dari gandum merupakan sumber karbohidrat yang sangat baik dan selai kacang yang mengandung lemak tak jenuh dapat mengurangi resiko berbagai penyakit berbahaya.

Dengan pilihan menu makanan yang sehat dan variatif serta pola makan yang baik, setiap orang mempunyai kesempatan untuk hidup sehat dan menikmati hidup dengan bahagia. (yz)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar