Jumat, 29 Juni 2012

Liburan yuks

Keindahan Alam

11 June 2012

Keindahan secara definisi adalah merupakan sifat dan ciri-ciri dari manusia, hewan, tempat, objek, atau ide yang menggambarkan, kepuasan, kesenangan, dan memiliki makna.

Pada pengertian yang lain keindahan bisa diartikan sebagai sesuatu yang enak dipandang, molek, bagus, cantik, elok dan sebagainya. Keindahan ditelaah sebagai bagian dari nilai estetika, sosiologi, dan budaya.

Sebuah keindahan alam adalah sesuatu yang dikagumi yang terkait dengan fitur keindahan dalam suatu pandangan tertentu tentang kesempurnaannya. Keindahan memiliki arti yang sangat luas yang mengandung gagasan yang baik.

Seorang Plato menyebutkan bahwa keindahan adalah watak yang indah dan hukum yang indah, sedangkan Aristoteles menyebut sesuatu yang baik dan menyenangkan yang melipiti keindahan seni, keindahan alam dan keindahan moral.

Keindahan alam dalam arti yang sempit  hanya meliputi  benda-benda yang dapat dinikmati dengan penglihatan, yakni berupa keindahan alam yang tercipta dari bentuk dan warna. Keindahan alam dapat tersusun dari berbagai keselarasan yang sempurna dari garis, warna, dan bentuk sebuah pemandangan alam.

Adapun yang berpendapat bahwa keindahan alam adalah suatu kumpulan hubungan-hubungan yang selaras dalam suatu benda alam yang tercipta dengan sendirinya, dan hubungan antara benda alam tersebut dengan orang yang mengamatinya. Keindahan alam memiliki nilai-nilai tertentu dalam perwujudannya.


Nilai estetika
Keindahan alam dianggap sebagai salah satu jenis nilai moral, nilai ekonomi, nilai pendidikan, nilai agama dan sebagainya. Misalnya keindahan alam sebagai nilai pendidikan yaitu keindahan objek alam yang menjadi bahan penelitian bagi para peneliti. Nilai agama sebagai bahasa yang tersirat betapa besarnya keagungan Illahi yang mampu menciptakan karya alam yang sangat indah.

Nilai ekstrinsik
Nilai ekstrinsik adalah sifat baik dari suatu keindahan alam  sebagai  sarana untuk sesuatu hal yang lain , yakni nilai yang bersifat sebagai sarana untuk membantu sesuatu yang lain.
Misalnya keindahan alam menjadi sarana untuk membantu perekonomian penduduk sekitarnya dengan menjadikan keindahan alam tersebut sebagai objek wisata, dimana para penduduk sekitar bisa melakukan kegiatan usaha mulai dari menediakan tempat menginap, berdagang kebutuhan-kebutauhan bagi para pengunjung dan lain-lain.

Nilai intrinsik
Nilai intrinsik adalah sifat baik dari keindahan alam  yang bersangkutan, bisa juga digunakan sebagai tujuan, ataupun demi kepentingan alam itu sendiri. Misalnya pesan tentang keagungan Allah yang menciptakannya melaui keindahan alam itu sendiri.

Hubungan manusia dan keindahan alam
Manusia memiliki beberapa komponen di dalam dirinya yaitu akal, hati, nafsu dan sirri (rahasia Illahi) dengan modal yang dimiliki manusia.
Itulah maka manusia dapat berbeda dengan mahluk lainnya, dan memiliki keindahan akal, dengan keindahan akal maka manusia dapat menikmati keindahan alam yang dijimpai di sekitarnya. Karena keindahan merupakan dambaan bagi setiap manusia, dimana manusia merasa nyaman dan damai ketika menikmati keindahan alam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar