Selasa, 06 Agustus 2013

Bangun Rumah = Proses Mental

Bangun Rumah = Proses Mental
Rumah merupakan bangunan tempat tinggal yang mutlak dimiliki oleh manusia untuk berteduh dan berinteraksi dengan keluarga. kebutuhan yang sangat pokok sekali bagi manusia. Sebagian orang mungkin akan beruntung dan bersyukur bisa diijinkan menikmati tempat perlindungan yang nyaman, teduh juga jauh dari terik matahari dan hujan.
Sebagian lagi mungkin belum begitu beruntung dan harus mengandalkan atap semi permanen untuk tempat berteduh dan beristirahat. Apapun bentuk bangunan yang disebut sebagai rumah, tentu memerlukan criteria yang pengerjaannya bisa selesai tepat waktu, hemat bahan, dan hasil yang nyaman memuaskan. Berikut adalah beberapa tahap yang harus dilakukan pemilki dalam merencanakan sebuah bangunan rumah.
Gambar Kerja
Gambar sebagai visualisasi rencana rumah yang akan dibangunkan sangat diperlukan untuk mendapatkan rumah idaman sesuai kebutuhan dan keinginan. Gambar rencana bisa diperoleh dari arsitek maupun kontraktor. Dengan gambar sebagai panduan dalam pekerjaan, maka pelaksana/pemborong bisa dengan mudah dan cepat membuat rumah yang diinginkan pemilik.
Yang menjadi gambar kerja / blueprint rumah terdiri dari :
  1. Denah
  2. Tampak bangunan (depan, belakang, samping kanan, dan samping kiri)
  3. Potongan (melintang dan membujur)
  4. Rencana struktur (pondasi, sloof, balok/kolom, ring balok, rencana atap)
  5. Instalasi listrik dan plafon
  6. Utilitas (air bersih, air kotor, dan limbah)
Setelah gambar kerja sudah selesai dan sesuai dengan apa yang diinginkan, RAB atau Rancangan Anggaran Biaya kemudian siap diperhitungkan. Dengan RAB kita akan mengetahui prediksi jumlah biata yang perlu disediakan sehingga tak terjadi kendala keuaangan di pertengahan saat proses pembangunan. RAB sendiri bisa diminta ke jasa arsitek atau perencana sebagai satu kesatuan dari gambar kerja. Namun hal ini tergantung Anda yang ingin satu paket atau terpisah. Seputar jasa dan biaya desainer interior dan arsitektur juga bisa lihat disini.
Izin Mendirikan Bangunan (IMB)
Dalam mendirikan bangunan, legalitas yang diperlukan adalah Surat Izin Mendirikan Bangunan dari instansi pemerintah terbaik.
Tahap Memilih Kontraktor
Setelah memiliki gambaran terkait gambar kerja, mendapatkan Rancangan Anggaran Biaya, dan Izin Mendirikan Bangunan, langkah selanjutnya yaitu siapa yang akan melaksanakan proses pembangunan rumah. Tanggung jawab dalam proses pembangunan juga sangat besar sehingga diperlukan ketelitian saat memilih kontraktor. Mencari kontraktor yang kompeten dan berpengalaman dalam hal membangun rumah memang penting. Tak jarang ditemukan suatu pekerjaan rumah tidak berkualitas dan terbengkalai karena kontraktor pelaksana tidak bertanggung jawab.
Pelaksanaan di Lapangan
Selesai memilih kontraktor langkah selanjutnya adalah ikatan kontrak antara pemilik juga pelaksana. Setelah itu, sistem pelaksanaan pembangunan seperti borongan material dan tenaga seperti tenaga harian juga perlu dipertimbangkan. Untuk tenaga harian baiknya pekerja yang dipakai memiliki keahlian dan pengalaman, sehingga kualitas pekerjaan akan terus terjaga.
Gunakan time scheduled untuk mengontrol jalannya pembangunan. Dalam hal ini ketepatan waktu sangat diperlukan untuk menekan biaya pelaksanaan. Setiap tahapan bisa di delegasi kepada yang kompeten di bidangnya misalnya arsitek, kontraktor, buruh bangunan, kesiapan dana, dan legalitas bangunan.
Ternyata dari kesemua proses diatas dalam membangun rumah ada beberapa hal yang bsia diresapi sebagai sebuah pembelajaran mental yaitu :
  1. Membangun rumah memerlukan proses.
  2. Setiap prosesnya terkadang ada saja hambatan seperti cuaca, kenaikan harga material, tenaga kerja dan keuangan.
  3. Bangunan seperti apa yang dibangun merupakan mutlak keputusan Anda. Selesai kapan tentu Anda pula yang tentukan. Namun bila perencanaan telah dilakukan, yang terpenting adalah pelaksanaan.
  4. Membangun rumah, semoga saat rumah telah jadi dan beres, Anda sebagai pemilik rumah juga telah selesai membangun diri Anda tentunya untuk menyediakan tempat bagi kenyamanan Anda beserta keluarga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar