Kamis, 15 Agustus 2013

Manfaat membaca

Membaca setiap hari, pernahkah kita “mewajibkannya” pada diri sendiri?

Untuk sampai pada tahap itu, setidaknya, kita memiliki latar belakang, bukan? Artinya, proses untuk mengubah gaya hidup tidaklah sesederhana menyodorkan gagasan, lalu kita dapat dengan riang gembira melakukannya. Terkait membaca, prosesnya mungkin lebih lama. Proses untuk menjadikannya bagian dari hidup kita, sebagaimana halnya makan dan minum, surfing internet, chatting dengan teman, berbelanja, dan macam lainnya. Harus ada motivasi dosis tinggi. Harus ada yang menjadi basis pemikiran, hingga mau memutuskan demikian.

Haruskah kita membaca setiap hari? Jawabannya ada pada beberapa keuntungan yang kita bisa dapatkan dengan membaca. Mungkin pernah terlintas di dalam benak, mungkin juga tidak. Percayalah: ternyata banyak sekali keuntungan yang bisa didapat dengan membaca.

Tambah Cerdas
Tentu saja! Membaca, jelas, membantu dalam hampir setiap bidang kecerdasan. Para pembaca umumnya punya IPK lebih baik, dan memiliki wawasan umum lebih luas. Menurut Anne E. Cunningham, secara umum, membaca membuat kita lebih pintar. Seiring pertambahan usia, kita pun jadi lebih “tajam” dan matang. Tidak peduli apa yang Anda ingin lakukan, Anda tidak dapat melakukannya tanpa pengetahuan lebih. Membaca adalah salah satu cara terbaik untuk tahu cara mewujudkan mimpi-mimpi Anda. 

Kurangi Stres
Terutama bacaan fiksi, membantu kita meredakan atau mengendurkan otak yang dihantam realitas. Duduk sejenak, sandarkan punggung, dan membaca cerita-cerita yang ringan dapat membuat Anda santai.

Tingkatkan Analisa
Penelitian Cunningham telah menemukan bahwa berpikir analitis didorong oleh aktivitas membaca. Membaca meningkatkan pengetahuan umum mereka, dan terlatih untuk melihat pola bacaan atau konten tulisan dengan cepat. Jika Anda dapat melakukannya, kemampuan analisis Anda juga akan meningkat.
Perkaya Kosakata
Bukan rahasia lagi bahwa membaca meningkatkan kosakata dan meningkatkan ejaan Anda. Membaca memaksa kita untuk melihat kata-kata yang mungkin belum pernah lihat atau dengar. Bahkan, bahasa dalam buku-buku anak-anak cenderung lebih canggih dari percakapan rata-rata. Peningkatan kosakata sangat penting bagi blogger atau penulis. Semua penulis sukses akan menyarankan, untuk menulis dengan baik, kita harus dan perlu membaca. Setiap hari. Anda akan terkejut dengan kata-kata baru yang Anda mulai memasukkan ke dalam tulisan.

Peningkatan Memori
Dengan membaca, justru memori otak Anda bukan makin kronis, justru kian maksimal. Orang-orang yang menolak membaca akan mendapati otak mereka kian melemah dan, setelah bertahun-tahun dibiarkan demikian, mendadak lumpuh. Tak banyak berguna. Anda boleh saja jadi tua, tapi tidak semua orang tua itu pikun dan sia-sia. Kenyataannya, banyak orang yang makin tua makin jadi. Ibarat kelapa, yang makin tua, makin tambah santannya. Itulah para pembaca.
Ahli Menulis
Membaca memberi kita ide dan hal-hal baru yang menstimulan otak. Sedangkan menulis adalah kegiatan menuangkan isi kepala ke dalam tulisan. Apa yang membuat Anda berpikir, dengan membaca, Anda tidak akan pernah bisa menulis lebih baik? Kenyataannya, makin banyak yang Anda baca, makin menarik tulisan yang Anda akan hasilkan. Teruslah berlatih dan lihat keajaiban yang Anda sendiri tak sangka-sangka sebelumnya! [lifedev.net]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar