Sabtu, 23 November 2013

Istiqomah dalam hal ini !!!

Liputan6.com, New York : Bicara soal uang memang tak ada habisnya. Hampir setiap orang mengincar dan membutuhkannya. Sayangnya, masih banyak orang yang bersikap boros dan membuang-buang uang sesukanya untuk apapun yang dia inginkan.
Sementara melansir laman The Richest, Senin (18/11/2013), tanpa tekanan finansial, sebagian besar orang cenderung menghabiskan seluruh uang yang dimilikinya. Padahal dalam menjalani keseharian, selalu saja ada sejumlah kejadian tak terduga yang bisa menguras dompet Anda.
Kendati sudah menghasilkan uang sendiri, baiknya Anda mulai berpikir bijak dalam menggunakannya. Pikirkan bagaimana caranya agar Anda bisa menghabiskan masa tua Anda dengan bahagia tanpa kekurangan uang. Berikut 8 rahasia kecil tentang uang dan cara menggunakannya:

1. Anda perlu menyimpan uang untuk pensiun
Banyak kaum muda yang menyepelekan pentingnya menabung sejak dini. Tentu saja, karena masih terlalu lama untuk sampai ke waktu tersebut. Mulailah menyimpan uang dari sekarang karena meski masih jauh mencapai hari tua, tapi Anda juga bisa memanfaatkannya kala darurat. Simpanlah uang sebanyak mungkin. Anda pasti membutuhkannya di masa depan.

 2. Punya tujuan menggunakan uang
Apa yang akan Anda lakukan lima atau 10 tahun mendatang? Anda mungkin berpikir pertanyaan tersebut terlalu kuno. Faktanya, Anda harus menjawabnya dengan serius dan tentukan tujuan penggunaan uang di masa depan. Bisa dalam bentuk liburan, menikah atau melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.
Sejak masih muda, Anda harus mulai mengira-ngira berapa kebutuhan uang yang diperlukan. Jangan takut untuk berinvestasi jika hal itu bisa membantu Anda menggapai cita-cita di masa depan.

3. Anda harus punya uang untuk keadaan darurat
Atap rumah bocor, sakit atau bahkan kecelakaan merupakan berbagai insiden yang tak bisa diduga. Dalam kondisi tersebut, Anda perlu memiliki dana darurat agar bisa bertahan. Pastikan setiap bulan, Anda menyisihkan sebagian uang Anda untuk dana darurat. Jangan pernah gunakan uang tersebut sampai Anda benar-benar dalam kondisi terjepit.

4. Belajar membuat prioritas pengeluaran
Biaya pengeluaran untuk hidup seolah tak pernah habis, mulai dari membeli pulsa internet sampai asuransi. Asuransi, koran harian atau koneksi internet merupakan berbagai hal yang harus Anda bayar.Meski Anda terikat utang sekalipun, pastikan Anda memiliki prioritas pengeluaran, mana yang harus didahulukan.
Jangan membayar tagihan berdasarkan jumlah yang terbesar terlebih dulu. Namun lihat mana yang harus didahulukan untuk dilunasi saat punya uang nanti. (Sis/Ndw)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar